Sama-sama Menang 1-0, AS dan Inggris Lolos

Sama-sama Menang 1-0, AS dan Inggris Lolos
SUKSES - Para pemain AS merayakan gol yang diciptakan Landon Donovan di injury time, dalam laga penentu lawan Aljazair di Pretoria, yang mengantar mereka menjadi juara Grup C. Foto: Getty Images/FIFA.com.
PORT ELIZABETH - Sama-sama hanya memperoleh kemenangan tipis 1-0 yang menentukan, dua tim dari negara dengan latar belakang budaya segaris, Inggris dan AS, akhirnya sama-sama lolos pula dari grup C ke babak 16 Besar. AS yang menekuk Aljazair berhasil menjadi juara grup, sedangkan Inggris yang mengalahkan Slovenia duduk di posisi runner-up.

Bermain di Port Elizabeth, Inggris mencatatkan gol kemenangannya lewat kaki Jermain Defoe. Sebuah tendangan voli dari pemain itu di menit ke-23, menggetarkan jala gawang Slovenia yang seperti sebelumnya masih cukup ketat dengan pertahanannya. Meski berikutnya masih berupaya menambah keunggulan dan memiliki beberapa peluang, Inggris tak bisa menambah gol lagi, bahkan hingga pertandingan usai. Sementara sebaliknya, Slovenia tidak begitu banyak mengancam gawang Three Lions - julukan Inggris.

Sementara, pada waktu hampir bersamaan, hal yang sedikit berbeda terjadi di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, di mana AS dan Aljazair bertarung. Aljazair tercatat cukup merepotkan AS, bahkan sempat menekan dari awal pertandingan. Namun berkat keteguhan dan semangat juang para pemainnya pula, skuad The Yanks Army - sebutan timnas AS - bisa senantiasa membendung alur serangan Aljazair tersebut, sembari sesekali membuka peluang mereka.

Hasil pertandingan di Pretoria itu sendiri baru hadir di injury time, tepatnya pada menit ke-91, lewat kaki pemain tengah Landon Donovan. Golnya ini tak terlepas dari kegigihannya merangsek maju ke jantung pertahanan Aljazair, yang kemudian sukses memanfaatkan bola muntah dari kiper yang sebelumnya dilepaskan oleh striker Jozy Altidore. Kontan, gol penting nan dramatis ini disambut sorak-sorai segenap pemain dan pendukung AS.

PORT ELIZABETH - Sama-sama hanya memperoleh kemenangan tipis 1-0 yang menentukan, dua tim dari negara dengan latar belakang budaya segaris, Inggris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News