Samarinda, Baik di Mata KPK Jeblok Versi TII

Samarinda, Baik di Mata KPK Jeblok Versi TII
Samarinda, Baik di Mata KPK Jeblok Versi TII
JAKARTA - Para pengusaha menempatkan Samarinda sebagai kota dengan pejabat paling sering melakukan tindakan berbau korupsi dibanding pejabat daerah lain di Kalimantan Timur. Kedudukannya masih buruk dibanding pejabat asal Kota Balikpapan atau bahkan Kabupaten Tenggarong, yang pejabatnya tak kunjung berhenti diperkarakan aparat hukum.

Pendapat kalangan pengusaha tersebut tercermin dari hasil survei Indeks Persepsi Korupsi Transparency International Indonesia (IPK TII) untuk tahun 2010 yang diumumkan Selasa (9/11).

Posisi terbaru Samarinda ini lebih buruk dibanding survei serupa yang dilakukan TII pada tahun 2008. Kala itu Samarinda menempati peringkat ke-9 dengan skors 5,03. Lebih baik dibanding Balikpapan yang hanya di posisi 16 dengan nilai 4,86 dan Tenggarong dengan peringkat 28 dengan nilai 4,38. Tapi pada IPK 2010, posisi ibukota Kaltim ini malah melorot ke angka 29 dengan nilai 4,85. Kalah jauh dibanding Balikpapan yang kini masuk peringkat ke-8 yang mendapat nilai 5,58 dan Tenggarong di posisi 12 dengan skor 5,41.

Posisi terbaru Samarinda dibidang pemberantasan korupsi ini bertolak belakang dengan hasil survei KPK yang menempatkannya di peringkat ke dua,  di bawah Surabaya pada Indeks Integritas Nasional 2010, yang dirilis KPK pada 1 November lalu.

JAKARTA - Para pengusaha menempatkan Samarinda sebagai kota dengan pejabat paling sering melakukan tindakan berbau korupsi dibanding pejabat daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News