Porprov VI 2018 Kaltim

Samarinda Punya Potensi Besar Meraih Titel Juara Umum

Samarinda Punya Potensi Besar Meraih Titel Juara Umum
Suasana venue perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI 2018 Kaltim di Kutai Timur. Foto: kaltimpos/jpg

jpnn.com, SANGATTA - Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI 2018 Kaltim di Kutai Timur tengah bergulir. Multi event sarat gengsi itu memang baru dibuka besok, (2/12).

Namun laga sudah terlaksana sejak Kamis (29/11). Menghelat 52 cabang olahraga (cabor), Kutim menasbihkan diri sebagai pemecah sejarah.

Karena menyandang predikat cabor terbanyak yang dipertandingkan dalam sejarah pelaksanaan porprov di Benua Etam.

Menilik peta kekuatan tiap daerah, Samarinda punya potensi besar meraih titel juara umum. Tergambar jelas pada ajang serupa sebelumnya di Kota Tepian, mereka sukses menjadi yang terbaik.

Begitu juga pada Pra-Porprov 2017, dominasi kekuatan ibu kota Kaltim itu tak terbendung. Mereka berhasil mengoleksi 194 medali emas alias 25,6 persen dari total medali. Walhasil, tim Samarinda lolos full team dan bisa mengikuti semua nomor yang dipertandingkan.

Namun ajang kualifikasi pasti sangat berbeda dengan kompetisi sesungguhnya. Meski bisa jadi acuan peta kekuatan sementara. Tetapi Kutim yang absen pada Pra-Porprov 2017 karena lolos wild card tentu bisa membuat kejutan. Mereka pun punya keunggulan tampil full team tanpa melalui seleksi, serta lebih menguasai medan karena memang berlaga di rumah sendiri.

"Target kami adalah gelar juara umum," tegas Ketua Kontingen Kutim, Kasmidi Bulang kepada Kaltim Post. Menyiapkan 1.070 atlet yang turun di 52 cabor mereka siap merangsek papan atas klasemen. Bonus fantastis juga telah disediakan sebagai pelecut motivasi para patriot tuan rumah. Untuk medali emas pemerintah akan mengganjar Rp 50 juta, perak Rp 20 juta, dan perunggu Rp 10 juta.

Kasmidi menegaskan, skuatnya telah fokus melakukan persiapan terbaik sejak jauh hari. Walau diterpa masalah defisit anggaran. Tapi dia optimistis misi untuk jadi juara umum mampu direalisasikan pada porprov ini. "Walau secara persiapan kami terbilang lambat. Tapi saya bisa pastikan Kutim lah yang paling siap berlaga di porprov. Menjadi tuan rumah, tentu kami ingin melakukan yang terbaik dengan maksimal," imbuhnya.

Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI 2018 Kaltim di Kutai Timur tengah bergulir. Multi event sarat gengsi itu memang baru dibuka besok, (2/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News