Sambangi Lokasi Kebakaran, Mensos: Segera Dirikan Dapur Umum

Sambangi Lokasi Kebakaran, Mensos: Segera Dirikan Dapur Umum
Mensos Idrus Marham saat mengunjungi lokasi kebakaran di Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Korban kebakaran di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, rupanya banyak yang menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk itu, Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi lokasi kebakaran didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat, Selasa (26/6).

"Sebagian dari yang rumahnya terbakar ini peserta PKH, Program Keluarga Harapan, dan ada juga sebagian dari anak-anak," kata Mensos.

Dalam kondisi ini, kata Mensos, diperlukan peran stakeholders terkait di tengah-tengah warga. Misalnya yang bersedia menyediakan tempat tinggal sementara, makanan, serta berbagai kebutuhan lainnya.

"Saya minta tadi kepada Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jakarta Pusat untuk segera membuka dapur umum," ucapnya.

Menurutnya, ketersediaan dapur umum dan tempat penampungan pengungsi merupakan hal utama pada saat terjadi bencana.

"Apabila ada bencana seperti ini, maka yang pertama kali harus kita urusi adalah tempatnya di mana ditampung. Nah setelah itu ada tempatnya yang perlu lagi kita urusi adalah makanannya," ujar Idrus.

Selain itu, Kemensos memberikan bantuan kepada korban kebakaran, seperti selimut dan sejumlah bahan makanan. 

Korban kebakaran di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, rupanya banyak yang menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News