Sambangi Nelayan Subang, Gus Imin Terima Keluhan Ancaman Abrasi

Sambangi Nelayan Subang, Gus Imin Terima Keluhan Ancaman Abrasi
Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (Gus Imin) terus blusukan menyerap aspirasi rakyat. Kali ini pasangan Calon Presiden Anies Baswedan tersebut mengikuti Rembug Nelayan di Desa Mayangan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, SUBANG - Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (Gus Imin) terus blusukan menyerap aspirasi rakyat. Kali ini pasangan Calon Presiden Anies Baswedan tersebut mengikuti Rembug Nelayan di Desa Mayangan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Gus Imin bertemu dengan kelompok nelayan, pengurus koperasi nelayan, hingga pemilik kapal di tempat pelelangan ikan (TPI).

Mereka menyampaikan berbagai uneg-uneg mereka terkait berbagai kesulitan hidup kepada Gus Imin.

Para nelayan mengaku bingung dengan naiknya harga bahan-bahan pokok, kelangkaan solar subsidi, hingga meluasnya abrasi di sekitar tempat tinggal mereka.

“Abrasi ini terjadi sejak peristiwa tsunami di sekitar pantai utara Jawa beberapa tahun lalu. Dari saat itu garis pantai semakin naik sehingga jumlah daratan di sekitar pemukiman kami makin tergerus,” ujar salah seorang nelayan Pamanukan Agus Supriatna, Sabtu (24/11).

Agus mengungkapkan abrasi di kawasan Pantai Utara Subang terjadi sejak akhir 2005 lalu. Ratusan hektare lahan yang dulu berupa daratan kini tergenang air laut sehingga tidak bisa lagi dijadikan pemukiman.

Bahkan selama tujuh tahun terakhir, sebagian warga mengungsi karena rumah mereka tidak bisa dihuni lagi.

“Jadi kami membangun pemukiman sementara kayak pos ronda begitu karena rumah kami tergenang air laut sehingga tidak bisa lagi dihuni,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Gus Imin bertemu dengan kelompok nelayan, pengurus koperasi nelayan, hingga pemilik kapal di tempat pelelangan ikan (TPI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News