Sambangi Tabanan, Gus Menteri: BUMDes Kunci Pemulihan Ekonomi

Sambangi Tabanan, Gus Menteri: BUMDes Kunci Pemulihan Ekonomi
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyambangi Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, Bali, Sabtu (29/5/2021). Foto: Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, TABANAN - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyambangi Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, Bali, Sabtu (29/5/2021).

Gus Menteri sapaan akrabnya, tiba di Desa Kukuh, langsung meninjau BUMDes Kukuh Winangun yang terletak di depan Kantor Desa Kukuh.

Pada kesempatan itu, Gus Menteri yang didampingi oleh Nyai Lilik Umi Nasriyah itu mendengarkan paparan dari Kepala Desa Nyoman Widhi Adyana soal perkembangan BUMDes Kukuh Winangun.

Politikus PKB itu pun memberikan masukan kepada BUMDes termasuk saran agar bisa lebih berkembang dan maju.

Setelah itu Gus Menteri yang juga ditemani oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan kemudian menuju ke Gedung Serba Guna Desa Kukuh.

Di tempat itu, Gus Menteri menyerahkan plakat penghargaan kepada sejumlah desa yang telah menuntaskan pendataan SDGs dan Data Desa.

Dalam arahannya, Gus Menteri memberi apresiasi kepada desa-desa yang sudah menyelesaikan pendataan SDGs Desa. Disebutkannya, di Provinsi Bali sekitar 50 persen Desa telah menyelesaikan proses pendataan SDGs Desa.

Gus Menteri mengajak seluruh yang hadir dalam pertemuan itu, untuk selalu berpikir dan berpihak kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Regulasi-regulasi turunan UU Cipta Kerja membolehkan BUMDesa mengelola usaha sumber daya air serta bagian-bagian tol dan non-tol yang diatur dalam PP Nomor 5 Tahun 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News