JPNN.com

Sambut Hari Batik Nasional, Yayasan Batik Indonesia Bersama Kemenperin Luncurkan Website

Minggu, 29 September 2019 – 12:05 WIB Sambut Hari Batik Nasional, Yayasan Batik Indonesia Bersama Kemenperin Luncurkan Website - JPNN.com
Peragaan busana yang digelar di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta. Foto dok Yayasan Batik Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian dan Yayasan Batik Indonesia melakukan prosesi peluncuran website Yayasan Batik Indonesia (www.yayasanbatikindonesia.com) dan Pasar Batik Rakyat. Momen tersebut diresmikan dan diluncurkan oleh Direktur Jenderal Industri Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih beserta Jultin Ginandjar Kartasasmita Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia.

Rangkaian acara ini diadakan dalam peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober dengan tema Membatik untuk Negeri. Adapun tujuan peluncuran website ini agar masyarkat memiliki akses yang mudah terhadap pengetahuan dan perkembangan batik, serta aktifitas-aktifitas yang akan dan sudah dilaksanakan oleh Yayasan Batik Indonesia. 

"Setiap tahunnya, Yayasan Batik Indonesia mengadakan kegiatan-kegiatan dalam Hari Batik Nasional tak lain untuk mempertahankan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 29 September 2009 di Abu Dhabi – Uni Emirat Arab dengan tujuan untuk melestarikan dan meningkatkan nilai tambah batik Indonesia yang merupakan potensi kekayaan Nasional," kata Jultin.

Yayasan Batik Indonesia sambung Jultin, berupaya untuk menggaungkan terus semangat membatik melalui acara-acara dan serangkaian aktifitas yang dilakukan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. 

Setiap tahunnya Yayasan Batik Indonesia diberikan dukungan oleh para pihak yang memiliki keperdulian tinggi terhadap Batik, tahun ini didukung oleh OSO Securities, Djarum Foundation dan Bank Rakyat Indonesia.

Acara dibuka oleh Tarian Topeng Kedok Ireng yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Jenderal Industri Menengah dan Aneka dari Kementerian Perindustrian dan laporan dari Diana Santosa selaku Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2019.

Di penghujung acara Gati bersama Yayasan Batik Indonesia melakukan peninjauan ke pameran Pasar Batik Rakyat. Pameran ini diramaikan oleh 43 brand batik yang menghadirkan koleksi batik tulis dan cap dari berbagai provinsi dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik.

Kegiatan Yayasan Batik Indonesia yang bertepatan pada Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2019 akan di gelar di Istana Mangkunegaran, Surakarta.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...