Sambut Kapal Pesiar, Pelindo III Suguhkan Kesenian Jatim

Sambut Kapal Pesiar, Pelindo III Suguhkan Kesenian Jatim
Kapal MV Seabourn Odyssey. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Sejak diresmikan pada 2 Oktober 2014 lalu, Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara untuk kali pertama digunakan melayani penumpang kapal pesiar, yakni Kapal MV Seabourn Odyssey yang merapat di Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (29/11) pagi.

Di mana fasilitas garbarata di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara digunakan sebagai fasilitas untuk naik dan turun penumpang kapal pesiar. Untuk menyambut kedatangan kapal pesiar yang datang dari Singapura itu, PT Pelindo III mempertunjukkan beberapa kesenian daerah khas Jawa Timur.

"Untuk menyambut kedatangan kapal pesiar MV Seabourn Odissey yang berbeda dari biasanya, kami menyuguhkan Tari Reog juga menampilkan beragam kesenian daerah khas Jawa Timur," ujar Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam siaran persnya, Minggu (30/11).

Dengan mengangkat tema 'Wonderful East Java', sebanyak 462 wisatawan mancanegara dan 231 kru kapal pesiar dapat menonton pameran tersebut di lantai III Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Tema Wonderful East Java dikemas dalam beberapa mini etalase yang terdiri dari Wonderful Batik, Wonderful Topeng, Wonderful Wayang, Wonderful Kuda Lumping, Wonderful Gamelan.

Serta beberapa hiburan musik keroncong, musik gamelan, dan musik country. Tak hanya itu, para turis juga dapat terlibat langsung di dalam kesenian-kesenian tersebut.

"Mereka dapat ikut membuat topeng, membatik, mencoba musik gamelan, bermanin kuda lumping dan wayang, juga beberapa kesenian-kesenian lain,” papar Edi.

Penyambutan yang spesial tersebut kata Edi sebagai bentuk penghormatan bagi para penumpang kapal MV Seabourn Odyssey yang menggunakan fasilitas garbarata di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara untuk kali pertama. Terlebih kunjungan kapal pesiar diprediksi bakal terus meningkat, karenanya hal tersebut tak dilewatkan oleh perseroan.

“Berbagai fasilitas modern di terminal penumpang ini bukan hanya untuk para turis asing yang menggunakan kapal pesiar, tapi para penumpang kapal antarpulau (domestik) juga dapat memanfaatkannya,” serunya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Sejak diresmikan pada 2 Oktober 2014 lalu, Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara untuk kali pertama digunakan melayani penumpang kapal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News