Sambut Komisioner HAM PBB, China Janjikan 5 Hal Ini

Sambut Komisioner HAM PBB, China Janjikan 5 Hal Ini
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Foto: ZHU XINGXIN / CHINA DAILY

jpnn.com, BEIJING - Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyampaikan lima komitmen pemerintahannya saat bertemu Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCHR) Michelle Bachelet di Guangzhou, Provinsi Guangdong, Senin (23/5).

"China selalu berkomitmen pada lima hal terkait HAM," ujarnya sebagaimana dirilis Kementerian Luar Negeri China (MFA) di Beijing, Selasa.

Yang pertama, jelas dia, China selalu memberikan prioritas utama untuk memastikan agar warganya yang telah membentuk seperlima populasi dunia itu tetap bisa bertahan hidup.

Kedua, China selalu memprioritaskan pengentasan kemiskinan sebagaimana Agenda PBB 2030.

Ketiga, pemerintah China selalu menjadikan perlindungan hak dan kepentingan warga negara dalam melayani masyarakat.

"Yang keempat, China selalu menjadikan perlindungan hak-hak etnis minoritas untuk kemakmuran bersama," sebut anggota Dewan Negara yang merupakan menteri koordinator ala kabinet China itu.

Yang terakhir, pemerintah China selalu menjamin keselamatan dan keamanan rakyatnya dalam jangka panjang.

Selain bertemu Wang Yi dan beberapa pejabat China lainnya di Guangzhou, Bachelet juga akan melakukan kunjungan ke Daerah Otonomi Xinjiang.

Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCHR) Michelle Bachelet telah tiba di China, siap kunjungi wilayah muslim Uighur

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News