Sambut Lebaran, Pejabat Diminta Siaga

Sambut Lebaran, Pejabat Diminta Siaga
Sambut Lebaran, Pejabat Diminta Siaga
JAKARTA – Persediaan bahan pangan pokok dan energi untuk hari raya Idul Fitri dinyatakan aman. Bahkan persediaan pangan surplus hingga akhir tahun. Harga di pasaran tetap stabil dan tidak ada tanda-tanda akan terjadi gejolak harga. Meski demikian, pemerintah tetap mewaspadai lonjakan harga pangan pada H-3 Lebaran.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, para menteri telah melaporkan persiapan Lebaran ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sidang kabinet paripurna, Senin (22/8). Beberapa hal penting yang menjadi perhatian pemerintah jelang mudik lebaran adalah kesiapan bahan pangan pokok, pasokan bahan bakar minyak (BBM), elpiji dan listrik, angkutan prasarana, dan perbaikan infrastruktur.’’Secara umum semua persiapan sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, Presiden meminta semua pejabat terkait tetap siaga,’’ kata Hatta kepada wartawan di kantornya, Jakarta.

Misalnya, meski persediaan bahan pokok aman dan harga stabil, Presiden Yudhoyono meminta pihak-pihak terkait untuk tetap melakukan operasi pasar dan pasar murah di 20 provinsi dalam persiapan menyambut lebaran. Operasi ini dilakukan agar tidak terjadi lonjakan harga pangan menjelang Lebaran.

Berdasarkan laporan pejabat terkait dan pantauan langsung yang dilakukan Hatta di beberapa pasar tradisional selama Ramadan ini, bahan pangan pokok tidak ada lonjakan harga yang berarti. Bahkan harga cabai dan bawang turun drastis. Bahan pokok yang stabil harganya seperti jagung, terigu, dan minyak goreng kemasan.

JAKARTA – Persediaan bahan pangan pokok dan energi untuk hari raya Idul Fitri dinyatakan aman. Bahkan persediaan pangan surplus hingga akhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News