Sambut Working Group G-20, BNSP Gelar Sertifikasi SDM Pariwisata di Belitung

Sambut Working Group G-20, BNSP Gelar Sertifikasi SDM Pariwisata di Belitung
Ketua BNSP Kunjung Masehat bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN) melakukan sertifikasi kompetensi tenaga kerja pariwisata bidang perhotelan dengan skema house keeping dan frond office di Hotel Fairfeild, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (1/7/2022). Foto: Dok. BNSP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia sesuai dengan program pemerintah melalui program Sertifikasi Kompetensi.

Terbaru BNSP bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN) melakukan sertifikasi kompetensi tenaga kerja pariwisata bidang perhotelan dengan skema house keeping dan frond office di Hotel Fairfeild, Jalan Pattimura, Tj. Pendam, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (1/7/2022).

Ketua BNSP Kunjung Masehat mengatakan sertifikasi kompetensi kali ini diikuti oleh tenaga kerja dari enam hotel di Belitung dan sekitarnya, yaitu hotel Fairfeild, Golden Tulip Hotel, BW Group, Swissbell Hotel, Sheraton Hotel dan Lorin Hotel.

Kunjung menyatakan Program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) yang dilakukan oleh LSP RHN di Kabupaten Belitung terlaksana sengan dimonitoring secara keseluruhan pada setiap tahap sertifikasi.

“Jadi, persiapan sudah dilakukan (LSP RHN) sesuai dengan rencana dan dikelola sesuai prosedur dan sudah berkoordinasi dengan stakeholders Asosiasi Profesi di bidang pariwisata dan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung,” kata Kunjung.

Meski dari segi peserta sertifikasi yang ikut terbatas, Kunjung menyatakan program PSKK tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pariwisata Belitung. Terlebih program itu sejalan dengan program Working Group G-20 yang dilaksanakan di Belitung.

“Kepala Dinas Pariwisata masih mengharapkan dukungan program serifikasi yang lainnya karena sudah banyak yang daftar tetapi belum dapat mengikuti serifikasi saat ini dan program ini sangat dibutuhkan oleh pekerja yang bergerak di bidang Pariwisata, terutama ada beberapa program Working Grup G-20 dilakukan di Kabupaten Belitung," terangnya.

Sementara itu, General Manajer Fairfeild Hotel, Dr. Dino Leonandri menyambut baik sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja perhotelan di Belitung.

BNSP bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN) melakukan sertifikasi kompetensi tenaga kerja pariwisata bidang perhotelan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News