Rabu, 22 Mei 2019 – 04:09 WIB

Sampah Popok Cemari Sungai Brantas, Ikan jadi Berkelamin Ganda

Selasa, 07 Mei 2019 – 00:06 WIB
Sampah Popok Cemari Sungai Brantas, Ikan jadi Berkelamin Ganda - JPNN.COM

jpnn.com - Sungai Brantas, dari hulu hingga hilir, dibanjiri sampah popok sekali pakai. Kini banyak yang terancam. Mulai biota sungai hingga kehidupan manusianya. Inilah penelusurannya.

---

SOROT mata pemuda itu seperti sedang menangkap sesuatu. Rupanya, yang jadi objek adalah seorang ibu bersepeda motor tanpa helm. Melaju pelan dari selatan ke utara. Tangan kirinya menenteng tas kresek penuh isi.

Sesampai di ujung jembatan, si ibu langsung membuang benda itu ke arah sungai, tapi tak sampai sasaran. Tas kresek masih berada di trotoar. Lemparan si ibu itu membentur besi jembatan.

Azies, nama pemuda tersebut, bergerak cepat mengambil bungkusan yang tergeletak. Dugaannya benar. Plastik hitam itu berisi sampah popok bayi sekali pakai. Sekitar 12 lembar.

Azies tak mau kehilangan jejak. Ibu tersebut dikejar. ”Nuwun sewu, Ibu tadi buang sampah di jembatan? Ini, bawa lagi sampahnya, Bu,” kata Azies.

Aktivis dari Ecoton Foundation melakukan aksi kampanye mengenai sampah popok di Kawasan Sungai Brantas, Jalan Karangandong, Kabgupaten Gresik, Selasa, (30/4). Foto: RIANA SETIAWAN/JAWA POS

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar