Sandiaga Dorong Masyarakat Jadi Entrepreneur dengan Manfaatkan Digitalisasi

Sandiaga Dorong Masyarakat Jadi Entrepreneur dengan Manfaatkan Digitalisasi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berdialog dengan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo. Foto dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong masyarakat agar menjadi entrepreneur dengan kemampuan adaptasi dalam menggunakan teknologi serta digitalisasi.

"Ini adalah peluang untuk kita gunakan, dan kesempatan ekonomi kreatif untuk onboarding ke dalam ekosistem ekonomi digital," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Rabu (1/9/2021).

Sandiaga mengatakan, pandemi COVID-19 memberikan tantangan berupa disrupsi digital yang terjadi pada setiap lini, serta memunculkan berbagai peluang pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia memaparkan bahwa selama pandemi, Badan Pusat Statistik mencatat penjualan online tertinggi masih dipegang oleh sektor kuliner yang melonjak hingga lebih dari 1.000 persen.

Hal ini menjadi alasan kuat bagi penggiat usaha kuliner untuk terus beradaptasi dengan teknologi dan melakukan inovasi penjualan.

"Kami melihat bahwa transaksi daring yang terus meningkat menjadi 3,1 juta transaksi per hari. Ini adalah peluang untuk kita gunakan, dan kesempatan ekonomi kreatif untuk onboarding ke dalam ekosistem ekonomi digital,” ujar Sandiaga.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya saat ini fokus menggenjot pergerakan wisatawan domestik untuk menghidupkan pariwisata kembali.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menarik wisatawan nusantara, ucap dia, adalah dengan mengembangkan desa wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong masyarakat agar menjadi entrepreneur dengan kemampuan adaptasi dalam menggunakan teknologi serta digitalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News