Sandiaga Dorong Penguatan SDM Berorientasi Pada Pengembangan Ekraf

Sandiaga Dorong Penguatan SDM Berorientasi Pada Pengembangan Ekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong penguatan sumber daya manusia (SDM) yang berorientasi pada pengembangan ekonomi kreatif di tengah masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat menyampaikan pidato ilmiah pada puncak perayaan Dies Natalis Ke-40 Universitas PGRI Semarang, Jumat (23/7).

Menurut Sandiaga, penguatan SDM yang berorientasi pada pengembangan ekonomi kreatif harus dilakukan sebagai bentuk adaptasi atas dampak pandemi Covid-19 yang terjadi diberbagai lini pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sektor pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul oleh pandemi. UNWTO memprediksi kondisi baru akan kembali normal semula pada 2022-2024. Begitu juga sektor ekonomi kreatif, walaupun cenderung stabil, juga mengalami kontraksi," kata Sandiaga.

"Adapun subsektor yang mendukung adanya pemanfaatan dari rumah seperti televisi, radio, aplikasi dan pengembang permainan, justru mengalami peningkatan," imbuh dia.

Sandiaga memaparkan, ekonomi kreatif berperan dalam membangkitkan UMKM. Dalam hal ini sumber daya manusia (SDM) sebagai modal utama untuk mengembangkan sektor tersebut.

Ekonomi kreatif ini secara tidak langsung mengarahkan dan mencoba menciptakan wirausahawan yang handal dalam berbagai bidang.

Tak hanya penguatan SDM, transforamsi digital para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk mencapai pasar dengan mudah juga harus dilakukan.

Menparekraf Sandiaga Uno mendorong penguatan SDM yang berorientasi pada pengembangan ekonomi kreatif di tengah masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News