Sandiaga Ingin Kembangkan Sungai Martapura Jadi Waterfront Indonesia

Sandiaga Ingin Kembangkan Sungai Martapura Jadi Waterfront Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Workshop untuk Pelaku Ekonomi Kreatif Jakarta Barat, Jumat (3/9). Foto: Dea Hardianingsih/JPNN

jpnn.com, BANJARMASIN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi sungai Martapura yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ia mengatakan, Banjarmasin yang dijuluki Kota Seribu Sungai itu memiliki potensi besar untuk mengembangkan wisata sungai dengan konsep waterfront seperti di Istanbul, Turki dan Bangkok, Thailand.

"Banjarmasin ini adalah Kota Seribu Sungai. Jadi sungai ini harus kita gunakan sebagai beranda kita," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Jumat (3/9/2021).

Sandiaga berupaya mengembangkan potensi wisata sungai di Banjarmasin Dia pun memberikan dukungan terhadap program Martapura Bungas.

Program yang dicetuskan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan itu merupakan program revitalisasi dan meningkatkan kualitas air sungai dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021.

"Ini kami dukung, karena tidak terlalu banyak kota di Indonesia yang mempromosikan sungai sebagai daya tarik utamanya. Jadi untuk wisata sungai ini yang akan kita kedepankan," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, dari segi atraksi, Banjarmasin memiliki pasar terapung yang menarik dan unik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Maka dari itu, ia pun akan mendorong pola perjalanan menggunakan perahu di sepanjang Sungai Martapura dan Sungai Barito yang melintasi Banjarmasin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi sungai Martapura yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News