Sandiaga: RT/RW Berperan Penting Menangkal Terorisme

Sandiaga: RT/RW Berperan Penting Menangkal Terorisme
Sandiaga Uno. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JPNN.com - Masyarakat harus mewaspadai dan terus mempersempit ruang gerak teroris. Sebab bila ada celah sedikit saja, maka akar-akar terorisme akan menjalar kemana-mana.

"Ciri terorisme. Orangnya tertutup, tidak bergaul dengan tetangga, punya kerjaan yang tidak tetap, cenderung rumahnya diisi (dihuni) banyak sekali (orang). Padahal yang dilaporkan hanya dua orang," kata calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno terkait sejumlah penangkapan terduga teroris baru-baru ini, Minggu (25/12).

Dikatakan Bang Sandi, kegiatan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW dapat mengenalkan masyarakat tentang ajaran Islam yang sesungguhnya.

Selain itu, peran RT/RW sangat penting dalam menangkal terorisme. Peran tersebut dapat disinergikan dengan aparat keamanan.

"Kegiatan-kegiatan positif akan menghadirkan ekspresi dari warga di situ. Kalau misalnya ada kegiatan terlarang akan terlihat," ungkapnya.

Disamping itu, bila dirinya terpilih menjadi pemimpin ibukota, dia dan Anies Baswedan akan membuat call center dan aplikasi agar masyarakat dapat mengadukan kegiatan mencurigakan yang dapat diintregasikan ke dalam aplikasi qlue.

"Bukan hanya tanggung jawab RT/RW tapi semua warga bisa mengakses dan melaporkan bahwa ada kegiatan mencurigakan. Khawatir ada kegiatan berkaitan dengan terorisme," kata Sandi.

Sandi menambahkan, akar dari terorisme adalah ketidakadilan yang hadir di elemen bangsa dan akar tersebut harus dicerabut.

JPNN.com - Masyarakat harus mewaspadai dan terus mempersempit ruang gerak teroris. Sebab bila ada celah sedikit saja, maka akar-akar terorisme akan

Sumber RMOLjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News