Sandiaga Uno: Desa Wisata Membuka Lapangan Kerja Baru

Sandiaga Uno: Desa Wisata Membuka Lapangan Kerja Baru
Menparekraf/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam sosialisasi sadar wisata secara hybrid. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Desa Wisata diminta mampu menyuguhkan alternatif hiburan dengan menawarkan pengalaman yang unik bagi wisatawan melalui produk khas lokal dan atraksi daerah.

Menurut data Grab 2021, kunjungan wisatawan di Desa Wisata naik 30 persen selama pandemi.

"Desa Wisata menjadi salah satu alternatif wisata alam yang dapat menghadirkan keunikan, melalui ciri khas produk lokal dan atraksi daerah,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam sosialisasi sadar wisata secara hybrid, Selasa (19/4).

Sandiaga menambahkan, Covid-19 berdampak signifikan khususnya bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Namun, sektor ini terbukti mampu bertahan di tengah beratnya tantangan selama masa pandemi.

Oleh karenanya, penting untuk mendorong pariwisata berbasis kualitas yang menawarkan pengalaman unik yang membawa kenyamanan bagi para wisatawan.

"Sektor pariwisata telah membuka lapangan kerja dan peluang usaha baru, dan menjadi alternatif ketahanan ekonomi Indonesia di masa pandemi," kata Sandi Uno

Sandi juga berharap melalui Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona yang telah menjadi landasan pembangunan sektor kepariwisataan selama ini.

Selain itu, dapat terus dikedepankan dengan standar indutsri pariwisata melalui 3 elemen yakni, Sapta Pesona, Pelayanan Prima dan CHSE atau penerapan protokol kesehatan berbasis Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa desa wisata membuka lapangan kerja baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News