Sandiaga Uno Dorong Kebangkitan UMKM di Magelang

Sandiaga Uno Dorong Kebangkitan UMKM di Magelang
Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja ke Magelang. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut kebangkitan UMKM dan kewirausahaan di Kota Magelang, Jawa Tengah, penting dalam menciptakan lapangan kerja yang dibutuhkan di tengah pandemi.

Apalagi, menurut Sandiaga Uno, Magelang memiliki destinasi wisata super prioritas yakni Candi Borobudur.

Sandiaga menyampaikan hal tersebut usai menghadiri acara Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia, Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Magelang.

Menurut dia, mempertahankan lapangan kerja merupakan tugas dari seluruh ekosistem ekonomi dan pemerintah memfasilitasinya.

Hal itu bisa terwujud salah satunya dengan program Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia.

Dalam program Kata Kreatif Indonesia, ungkap Menparekraf, Kota Magelang merupakan ke-16 dari 25 lokasi yang dilakukan. Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan bagi pelaku UMKM dan kewirausahaan yang ada.

"Kami hadir untuk memberikan bantuan kepada UMKM dan kewirausahaan. Tadi ada inovasi, kolaborasi, juga adaptasi. Kami harapkan tercipta geliat ekonomi di Kota Magelang khususnya nanti untuk mengantisipasi pariwisata yang terpicu dari magnet super prioritas destinasi Borobudur," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu.

Menurut Sandiaga Uno, dalam era 4.0 ini tidak bisa dilakukan dengan cara-cara lama dan diperlukan adanya upskilling dan reskilling.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut kebangkitan UMKM dan kewirausahaan di Kota Magelang, Jawa Tengah, penting dalam menciptakan lapangan kerja yang dibutuhkan di tengah pandemi.