Sandiaga Uno Puji Program Wisata Kemanusiaan Rotary District 3420

Sandiaga Uno Puji Program Wisata Kemanusiaan Rotary District 3420
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: Dok Birkom Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggelar webinar bersama Rotary District 3420, Jumat (30/7).

Kedua belah pihak satu napas untuk mewujudkan kerja sama yang lebih konkret dan serius ke depan dalam bentuk Program Kemanusiaan Parekraf.

Berulang kali, Sandiaga memuji organisasi pengabdian non-profit yang tertua di dunia, yang didirikan 23 Februari 116 tahun silam ini.

“Ketika kami kupas, salah satu yang meningkat dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sisi humanity, atau kemanusiaan. Wisatawan datang bukan sekadar berwisata, tapi juga berkontribusi sosial. Dan kali ini saya bangga dengan Rotary yang berani mengangkat tema ini,” ucap Sandiaga Uno.

Seolah deja vu, Sandi menceritakan sebuah momen, sekitar dua pekan setelah ditugaskan oleh Presiden Jokowi menjadi orang nomor satu di Kemenparekraf.

“Saat itu saya donor darah, dan ada perbincangan untuk memulai konsep wisata kemanusiaan. Social Humanity in Tourism. Ada yang merespons positif, ada yang negatif, dan banyak yang mem-bully,” kisahnya.

Tetapi, belakangan isu soal kedermawanan justru makin naik, lagi-lagi terlepas dari pro dan kontra. Terutama setelah seorang warga di Sumatera Selatan bernama Akidi Tio, memberi sumbangan untuk penanganan Pandemi Covid-19 senilai Rp 2 triliun, Senin 26 Juli 2021 lalu. Tokoh ini, tidak pernah muncul, tak pernah tampil, di peta pengusaha nasional.

“Angka yang sangat spektakuler, fantastik, dan menginspirasi. Bisa menjadi pemicu semangat orang Indonesia lain, untuk aksi kemanusiaan membantu sesama,” ungkap Sandiaga, yang juga ikut terkaget sekaligus kagum dengan kedermawanan Akidi Tio.

Menparekraf Sandiaga Uno dan Rotary District 3420 siap mewujudkan kerja sama dalam bentuk program Kemanusiaan Parekraf.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News