Santai Bro, yang Di Den Haag Itu Hanya Aksi Teatrikal

Santai Bro, yang Di Den Haag Itu Hanya Aksi Teatrikal
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebutkan, pemerintah Indonesia tidak akan menanggapi apa pun hasil dari Pengadilan Rakyat Internasional di Den Haag.

"Sesuai arahan Pak Presiden (Jokowi), kita punya sistem hukum sendiri," ujarnya, kemarin.

Hal senada diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dia menegaskan, International People's Tribunal (IPT) kasus 1965 di Belanda tersebut bukan merupakan proses hukum yang dilakukan secara formal.

Melainkan aksi teatrikal pengadilan yang tak punya hubungan dengan badan hukum atau arbitrase mana pun.

"Banyak pihak mengira itu pengadilan sungguhan. Tapi tidak sama sekali. Kegiatan semacam itu banyak dilakukan di belahan bumi lainnya dan tidak ada hubungannya dengan pemerintah Belanda, tempat dilaksanakannya sidang," ungkapnya.

IPT yang digelar di Den Haag itu juga dihadiri beberapa tokoh Indonesia. Kebanyakan adalah ahli hukum dan advokasi seperti Todung Mulya Lubis, Uli Parulian Sihombing, dan Sri Suparyati.

Todung yang berpidato sebagai jaksa pun menuntut kebenaran tentang peristiwa 1965 dan pemulihan nama-nama yang tercemar akibat insiden tersebut. (owi/bil/c9/kim)

 

JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebutkan, pemerintah Indonesia tidak akan menanggapi apa pun hasil dari Pengadilan Rakyat Internasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News