Santap Jajanan Sekolah, Ratusan Murid SD Keracunan

Santap Jajanan Sekolah, Ratusan Murid SD Keracunan
Santap Jajanan Sekolah, Ratusan Murid SD Keracunan

jpnn.com - SEBANYAK 117 murid Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya, mengalami keracunan masal. Mereka menderita mual pusing dan muntah usai mengonsumsi jajanan sekolah yang dilengkapi saus.

Keriuhan terjadi di aula kantor Kelurahan Cigantang, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Puluhan murid SD yang mengalami keracunan terpaksa dirawat dalam keadaan memprihatinkan. Mereka mendapat perawatan menggunakan alas tidur seadanya dengan cairan infus terpasang menggunakan tali.

Kepala Puskesmas Mangkubumi Didik mengatakan, banyaknya korban keracunan, membuat pasien terpaksa sebagian dirawat di kantor Kelurahan Cigantang. Berdasarkan data dari petugas medis hingga Kamis (5/2) siang, murid yang alami keracunan masal mencapai 117 orang. Para korban sebagian dipulangkan dan menjalani perawatan di rumahnya masing-masing.

"Korban mengalami mual, pusing disertai demamn dan buang air besar usai mengonsumsi jajanan sekolah," kata Didik, dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com), Jumat (6/2).

Akibat keracunan masal ini kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Cigantang 1 dan 2 menjadi terhambat. Kini di kantor Kelurahan Cigantang 15 siswa dirawat. Di puskesmas Mangkubumi enam siswa. Enam pasien lain terpaksa dirujuk di Rumah Sakit Dokter Sukarjo Tasikmalaya karena kondisinya mengkhawatirkan. Enam siswa yang ke rumah sakit tersebut karena kondisinya memburuk dan pihak Puskesmas Cigantang tidak mau ambil risiko.

Petugas terkait mengalami kesulitan dalam mengambil sampel jajanan, karena jajanan dikonsumsi para korban dua hari lalu. Meski demikian, petugas sudah meminta keterangan kepada siswa ikhwal nama maupun ciri-ciri pedagang yang biasa menjajakan makanan di sekolah.

Menurut salah ibu korban, Sopiah, anaknya bernama Wandi mengaku makan jajanan sekolah pada Selasa siang. Jajanan tersebut berupa sosis kemudian dicocol saus. Wandi merasakan pusing, mual, muntah dan buang air, pada Rabu malam. Hal yang sama dialami Dendi, dia merasakan mual dan kepala pusing setelah makan sosis dicocol saus di sekolahnya.(ysa/rmol/jpnn)


SEBANYAK 117 murid Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya, mengalami keracunan masal. Mereka menderita mual pusing dan muntah usai mengonsumsi jajanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News