Menkes: Orang Kaya di Tangsel Kok Jorok!

Menkes: Orang Kaya di Tangsel Kok Jorok!
Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - TANGSEL - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek menyindir pola hidup masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang jorok. Komentar Menkes ini dilontarkan saat kunjungan ke kota yang dipimpin Wali Kota Airin Rachmi Diany ini, Kamis (5/2).

Menkes menilai, pola hidup masyarakat Tangsel, terutama masyarakat yang tinggal di perumahan mewah masih abai soal kebersihan. Ini dilihat dari banyaknya tumpukan sampah di depan rumah kawasan perumahan mewah Villa Melati Mas di Serpong Utara.

"Kalau dilihat, banyak orang kaya di sini. Rumahnya gede-gede. Tapi kok di depan rumahnya banyak sampah berserakan. Orang kaya itu juga harus tahu aturan, jangan buang sampah sembarangan," katanya usai meninjau SMA Negeri 7 Kota Tangsel di Serpong Utara, kemarin.

Menkes juga meminta lurah dan camat setempat untuk bertindak tegas terhadap perilaku demikian.

"Harus dihukum. Kalau bisa, tumpukan sampahnya selama seminggu balikin ke rumahnya. Intinya, jangan ganggu tetangga rumahnya dengan sampah," kata dia.

Seluruh lapisan masyarakat, baik orang kaya maupun miskin menuru Menkes harus tahu aturan. Karena diakuinya, ujung pangkal dari kesehatan itu berawal dari lingkungan yang bersih.

"Jumsih (jumat bersih) harus digalakkan lagi. Jangan sampai lingkungan kotor seperti ini. Ini dapat menimbulkan penyakit," jelasnya.

Menanggapi komentar Menkes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suharno yang turut hadir dalam kegiatan itu mengaku pihaknya terus berupaya menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat. Soal Jumsih pun, diakuinya hal itu sudah rutin dilakukan.

TANGSEL - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek menyindir pola hidup masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang jorok. Komentar Menkes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News