Santri Dukung Ganjar Beri Pelatihan Hidroponik bagi Mak-Mak di Klaten

Santri Dukung Ganjar Beri Pelatihan Hidroponik bagi Mak-Mak di Klaten
Sejumlah mak-mak mengikuti pelatihan menanam tanaman hidroponik oleh Santri Dukung Ganjar. Dok: sukarelawan Ganjar

jpnn.com, KLATEN - Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar pelatihan bercocok tanam dengan teknik hidroponik bersama ibu-ibu Majelis Taklim Pucang di Desa Srebegan, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan sekaligus mengasah keterampilan para ibu-ibu bertani.

Sehingga, mereka bisa meningkatkan jiwa usaha melalui penerapan metode hidroponik.

Kordinator Wilayah SDG Jateng, Gus Mukti Abdul Jabir mengatakan kegiatan tersebut untuk melatih para ibu-ibu agar bisa membantu perekonomian dengan melakukan wirausaha berbasis pertanian.

"Pelatihan ini agar para ibu-ibu di desa ini bisa membantu perekonomian keluarga sekaligus bisa berkontribusi bagi lingkungan di sekitarnya dengan memaksimalkan lahan untuk menanam sayur-sayuran," ungkap Gus Mukti, Selasa (6/6).

Dalam pelatihan tersebut SDG menyampaikan pengenalan media tanam, penyakit tanaman hidroponik hingga ke pemasaran produk hasil budi daya tanam hidroponik.

Pihaknya juga mengajarkan cara membuat nutrisi siap pakai untuk tanaman, kemudian dilakukan pindah tanam bibit ke instalasi hidroponik.

"Tentunya awal dasar hidroponik adalah pembenihan dan pembibitan, cara budi daya yang baik dan benar, kemudian diakhiri dengan panen," tuturnya.

Sukarelawan Santri Dukung Ganjar menggelar pelatihan pertanian hidroponik bersama mak-mak yang ada di Klaten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News