Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah di Jaktim

Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah di Jaktim
Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) memberikan sejumlah kain kafan kepada warga di Cipainang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (2/6). Foto: dok Santri Dukung Ganjar

jpnn.com, JAKARTA TIMUR - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah di Cipainang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (2/6).

Dalam pelatihan tersebut, SDG mengundang ustaz profesional di Jakarta yang biasa memberikan pelatihan pemulasaraan jenazah untuk menjadi pemateri.

Ratusan warga dari jemaah majelis taklim di daerah Jatinegara itu ikut serta dalam pelatihan tersebut.

Humas Santri Dukung Ganjar, Arief Wicaksana mengatakan terdapat beberapa poin yang diajarkan dalam pelatihan tersebut, mulai dari tata cara memandikan, mengkafani, menyalati, hingga menguburkan jenazah.

"Tujuannya adalah agar masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami. Ustaz tadi juga bilang kalau ingin menjadi tukang memandikan jenazah. Kita harus bisa menjaga rahasia, karena tidak bisa memberikan informasi (kondisi tubuh jenazah,red) setelah memandikan jenazah," kata Wicaksana.

Dia berharap pelatihan ini dapat mengedukasi masyarakat secara lebih luas, sehingga banyak masyarakat makin paham tentang bagaimana prosedur tata cara pemulasaran jenazah sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Selain itu, pelatihan ini juga ditujukan untuk menciptakan kemandirian pada masyarakat.

Sehingga bila ada kerabatnya di lingkungannya yang meninggal, mereka bisa mengurusnya secara mandiri.

Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah di Cipainang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (2/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News