Santri Ganjar Gelar Pelatihan Tanggap Bencana Banjir Rob untuk Warga Pesisir Kalsel

Santri Ganjar Gelar Pelatihan Tanggap Bencana Banjir Rob untuk Warga Pesisir Kalsel
Pelatihan tanggap bencana banjir yang dilakukan Santri Dukung Ganjar Kalsel. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BANJAR - Sukarelawan yang berjejaring dalam Santri Dukung Ganjar menggelar pelatihan tanggap bencana banjir rob untuk warga pesisir di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar.

Rizali selaku Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar Kalimantan Selatan menjelaskan kawasan Desa Aluh-Aluh dan sekitarnya merupakan daerah yang menjadi langganan banjir rob tahunan.

Ketika banjir rob melanda, aktivitas dan kegiatan masyarakat menjadi ikut terhambat lantaran harus dievakuasi terlebih dahulu.

"Kami melakukan kegiatan pelatihan tanggap bencana banjir rob, yang mana bencana banjir rob ini hampir terjadi setiap tahun di wilayah Aluh-Aluh ini," ujar Rizali dalam siaran persnya, Minggu (6/8).

Rizali menambahkan banjir rob yang melanda pemukiman pesisir dipicu oleh air laut yang mengalami pasang. Saat terjadi pasang, Kecamatan Aluh-Aluh yang dikelilingi sungai besar menjadi rawan bencana banjir rob.

Adapun pelatihan yang dilakukan Santri Dukung Ganjar Kalsel kepada warga yakni dengan praktik evakuasi secara langsung di sungai menggunakan perahu karet.

"Kami melakukan pelatihannya evakuasi ke masyarakat yang terdampak banjir, salah satunya menggunakan alat-alat sederhana. Perahu karet, pelampung dan lain-lain untuk keselamatan masyarakat itu sendiri," jelas Rizali.

Rizali berharap setelah adanya pelatihan yang diberikan sukarelawan Santri Dukung Ganjar, warga desa menjadi lebih antisipatif dan waspada terhadap bencana banjir rob.

Sukarelawan Santri Dukung Ganjar mengadakan pelatihan penanganan banjir rob bersama warga di pesisir Kalsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News