Santri Harus Cakap Digital, Bijak Bermedsos

Santri Harus Cakap Digital, Bijak Bermedsos
Seminar literasi digital pesantren dengan materi 4 pilar utama, yakni kecakapan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital, baru-baru ini. Foto dokumentasi INSTIKA

jpnn.com, JAKARTA - Peningkatan literasi digital terus digencarkan di seluruh lapisan masyarakat seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Salah satunya dilakukan di pondok pesantren yang menjadi pusat pendidikan agama.

"Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan literasi masyarakat khususnya untuk para santri agar bijak dan bertanggung jawab menggunakan internet," kata M. Mushthafa, Wakil Rektor Institut Keislaman (INSTIKA), dalam pernyataan resminya, Sabtu (23/7).

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada 2021 disebutkan, Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00.

Karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan seminar literasi digital pesantren dengan materi 4 pilar utama, yakni kecakapan digital, budaya digital, etika digital, dan keamanan digital. 

"Kecakapan digital menjadi penting untuk mahasiswa agar tidak terjerumus  efek buruk dunia digital,” kata M. Mushthafa. 

Dengan cakap digital, maka, perilaku akhlak santri atau mahasiswa di dunia maya terjaga secara baik.

Mereka tidak terjerumus dalam sisi-sisi negatif dari dunia digital yang makin menguasai kehidupan. 

Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan literasi masyarakat khususnya untuk para santri agar bijak, bertanggung jawab dalam bermedsos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News