Sapiku Meteng, Atiku Ayem

Sapiku Meteng, Atiku Ayem
Dirjen PKH Kementan I Ketut Diarmita di acara acara Gebyar Upsus Siwab dan Gelar Potensi Peternakan yang dilaksanakan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Jumat (28/09). Foto: Kementan

jpnn.com, BATANG - Senyum bahagia dan bangga tampak di wajah para peternak yang sedang memamerkan pedet-pedet hasil Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Semboyan Sapiku Meteng, Atiku Ayem yang artinya sapiku hamil hatiku tenteram benar-benar terpancar dari wajah para peternak sapi potong yang ikut acara Gebyar Upsus Siwab dan Gelar Potensi Peternakan yang dilaksanakan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Jumat (28/09).

Direktur Peternakan dan Kesehatan Hewan Dirjen PKH Kementerian Pertanian (Kementan) I Ketut Diarmita yang hadir pada acara itu ikut berbangga melihat sapi-sapi hasil program inisiatif Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sejak Oktober 2016 itu membuahkan hasil nyata. Pedet-pedet hasil inseminasi buatan (IB) yang digratiskan kepada para peternak itu telah menjadi harapan baru untuk menuju kemandirian sapi nasional.

Kinerja nasional Upsus Siwab tercatat di data yang sudah masuk dalam Sistem Informasi Kesehatan Hewan Terintegrasi (iSIKHNAS) telah mencapai angka yang menggembirakan. Angka kelahiran Upsus Siwab 2017 tercatat sebanyak 911 ribu ekor, sedangkan 2018 (hingga 24 September 2018) sudah mencapai 1,18 juta ekor pedet yang lahir.

"Sejak pelaksanaan Upsus Siwab tahun 2017 hingga saat ini sudah lahir dua juta ekor lebih pedet dari indukan sapi milik peternak," kata Ketut. 

Lebih lanjut Ketut mengatakan, enam bulan ke depan jumlah pedet yang akan lahir diprediksi mencapai 3,5 juta ekor. Prediksi itu berdasarkan catatan saat ini dan tambahan sapi bunting sebanyak 1.465.885 ekor.

"Ini artinya telah terjadi loncatan populasi luar biasa melalui program Upsus Siwab," terangnya.

Ketut mengungkapkan, selain untuk mempercepat peningkatan populasi sapi di dalam negeri, dia mengharapkan Upsus Siwab juga mampu meningkatkan kualitas sumber daya genetik ternak sapi. "Kita dapat lihat pedet-pedet milik peternak yang ditampilkan di sini, bagus-bagus dan sehat," ungkap I Ketut.

Capaian IB Provinsi Jawa Tengah pada tahun ini sudah mencapai 603.947 atau 100,66 persen dari target 600 ribu. Untuk kebuntingan dari pelayanan pemeriksaan kebuntingan (PKb) sebanyak 221.939 ekor dan saat ini sudah ada sebanyak 162.357 ekor yang bunting.

Para peternak sapi di Batang, Jawa Tengah tampak bahagia dan bangga dengan hasil Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News