Saran Bang Neta agar Kasus Kompol Yuni Purwanti Tak Terulang Lagi

Jumat, 19 Februari 2021 – 20:09 WIB
Saran Bang Neta agar Kasus Kompol Yuni Purwanti Tak Terulang Lagi - JPNN.com
Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam program NgomPol di kanal jpnn.com di YouTube. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kepolisian Neta S Pane menyarankan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo segera mengambil langkah strategis pascaterungkapnya kelakuan  Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi bersama sebelas oknum polisi lainnya yang diduga menggelar pesta narkoba.

Menurut Neta, Kapolri perlu kembali mengingatkan para personel kepolisian untuk mengontrol bawahan masing-masing secara ketat, agar kasus mantan Kapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, itu, tidak terulang lagi.

"Saya kira sekarang ini langkah yang paling penting, Kapolri kembali mengingatkan seluruh aparat yang ada untuk memperhatikan bawahannya masing-masing," ujar Neta kepada JPNN.com, Jumat (19/2).

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) ini meyakini langkah tersebut efektif menekan dugaan penyalahgunaan narkoba di internal kepolisian.

"Jadi, pengawasannya berjenjang. Semua pimpinan unit harus mengontrol anak buahnya. Saya yakin kalau ini dilakukan mereka akan tahu siapa bawahan yang terlibat, minimal pengguna, pasti akan terlihat dari wajah dan mata," ucapnya.

Perlukah Polri melakukan tes urine terhadap seluruh anggota yang ada? Neta mengatakan, sepengetahuannya langkah tersebut rutin dilakukan.

"Namun karena keterbatasan anggaran, sepertinya jadi enggak rutin lagi. Karena itu saya kira langkah pengawasan berjenjang, akan cukup efektif," katanya.

Neta lebih jauh mengatakan, personel kepolisian pada hakikatnya rentan terpapar narkoba.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...