Saran Luis Milla agar Timnas Indonesia Bisa Meraih Emas

Saran Luis Milla agar Timnas Indonesia Bisa Meraih Emas
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Luis Milla (kanan) saatmemberikan keterangan kepada awak media di Malaysia. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Luis Milla Aspas mengakui dirinya gagal mempersembahkan emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Menuurtnya, diperlukan analisis matang dan mendalam terhadap skuat Timnas Indonesia U-22 agar bisa meraih emas di masa mendatang.

"Selama 26 tahun tidak menang emas dan tahun ini kembali gagal dapat emas. Memurut saya, kita akan bahas bagaimana cara untuk dapat emas lagi selama berpuluh-puluh tahun. Itu butuh analisis yang panjang," katanya, usai pengalungan medali, Selasa (29/8) malam.

Dia menyarankan agar PSSI fokus memperbaiki fundamental sepak bola anak-anak Indonesia. Dengan membangun pondasi yang kuat di level usia dini, maka dia yakin di level yang lebih tinggi pemain Indonesia akan lebih siap lagi.

Salah satunya, lanjut pelatih yang mengantarkan Spanyol menjuarai Piala Eropa U-21 itu adalah dengan memperbanyak dan menguatkan kompetisi usia dini dan usia muda. Di Indonesia, menurut Milla, hal tersebut belum kentara.

"Hal yang perlu diperbaiki yaitu harus punya sepak bola dasar. Sepak bola dasar dalam artian harus memperbaiki. Yang diutamakan adalah kompetisi untuk anak-anak atau usia muda," ungkapnya.

Selain itu, Milla juga memberikan masukan agar pemerintah memperbaiki infrastruktur sepak bola. Dengan begitu, pemain bisa lebih nyaman dalam berlatih.

"Kedua, harus adanya tempat untuk anak-anak bisa bermain. Harus ada infrastruktur yang bagus. Itu yang harus diperbaiki," tandasnya.

Luis Milla Aspas mengakui dirinya gagal mempersembahkan emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News