Saran Pak Hendro bagi Generasi Milenial demi Sikat Terorisme

Saran Pak Hendro bagi Generasi Milenial demi Sikat Terorisme
AM Hendropriyono. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk aktif mencegah dan melawan terorisme. Menurutnya, generasi milenial bisa ikut aktif memerangi bibit-bibir radikalisme, termasuk melalui media sosial.

“Anak muda bertubi-tubi mengutuk di dunia maya. Ini membuktikan generasi milenial kita paham akan ancaman bangsa kita. Para anak muda inilah yang meneruskan perjuangan untuk melawan setiap aksi biadab dan radikalisme di tanah air,” kata Hendropriyono kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/5).

Namun, pensiunan TNI dengan pangkat terakhir jenderal itu juga meminta masyarakat tak berhenti pada melawan terorisme dan radikalisme di dunia maya. Menurutnya, seluruh elemen masyarakat juga harus aktif mengikis bibit dan pesemaian terorisme.

Hendro menambahkan, upaya memerengi terorisme juga harus menyasar organisasi-organisasi radikal. Menurutnya, organisasi radikal ibarat pohon terorisme.

“Sasaran kita adalah pada ideologi sesat mereka yang secara jahat membajak agama kita. Adanya masyarakat radikal itulah yang menjadi tanah subur bagi tumbuhnya terorisme,” kata mantan Menteri Transmigrasi itu.

Karena itu, imbuh dia, masyarakat dan Polri harus bahu-membahu untuk menangkal warga yang menganjurkan radikalisme dan terorisme. Sebab, sambung Hendro, ada elite dan tokoh masyarakat yang menjadi penganjur terorisme.

“Mereka itu adalah yaitu para elite, para tokoh masyarakat, para pemimpin, para pengamat, para anggota WA grup yang menebarkan fitnah dan kebencian dalam chating-chatingnya,” tambahnya.

Lebih lanjut Hendro mengatakan, masyarakat harus makin waspada terhadap orang-orang terdekat dan lingkungan mereka. Ketika ada bibit-bibit terorisme meski di media sosial, katanya, masyarakat yang mengetahuinya harus proaktif melaporkannya.

Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono menyatakan, sikap generasi milenial yang getol mengutuk terorisme melalui dunia maya merupakan hal positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News