Sariawan tak Kunjung Sembuh, Bisa Jadi Herpes Mulut

Waspada jika Keluhan Lebih dari 14 Hari

Sariawan tak Kunjung Sembuh, Bisa Jadi Herpes Mulut
Ilustrasi. FOTO: Getty Images
SURABAYA - Sariawan lebih dari dua minggu mungkin bukan sariawan biasa. Bisa jadi hal itu adalah suatu infeksi yang perlu penanganan khusus. Misalnya, kasus herpes mulut yang belum banyak diketahui masyarakat.

Spesialis Penyakit Mulut Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (RSGM FKG Unair) drg Bagus Soebadi MHPed SpPM menjelaskan, pasien herpes mulut yang datang pasti disertai dengan berbagai keluhan. Paling sering adalah sariawan yang sudah lama dan tidak sembuh-sembuh.

Setelah diperiksa, ternyata yang diderita bukan sariawan biasa. Melainkan infeksi herpes simplex tipe 1 pada mulutnya. "Banyak yang kaget kalau sudah dikasih tahu bahwa mereka kena herpes mulut," ujar dokter yang juga Wakil Direktur Pelayanan Medis RSGM FKG Unair tersebut.

Herpes simplex tipe 1, sambung Bagus, menyerang bagian perut ke atas. berbeda dengan herpes simplex tipe 2 yang menyerang perut ke bawah. Walau herpes simplex tipe 2 juga pernah ditemukan pada bagian mulut karena perilaku seks yang abnormal. Tapi terbanyak, herpes di area mulut adalah herpes simplex tipe 1.

SURABAYA - Sariawan lebih dari dua minggu mungkin bukan sariawan biasa. Bisa jadi hal itu adalah suatu infeksi yang perlu penanganan khusus. Misalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News