Sarjana tak Harus Kerja Kantoran, Ilham Sudah Membuktikan

Sarjana tak Harus Kerja Kantoran, Ilham Sudah Membuktikan
Muhammad Ilham. Foto: ist/Malut Post

jpnn.com - Muhammad Ilham membuktikan bahwa lulus kuliah tak harus kerja kantoran. Bahwa lapangan kerja bisa diciptakan sendiri. Sebagai pemandu wisata (tour guide0, kini dia kebanjiran job.

Abd Yahya Abdullah, Ternate

Ilham mengaku, apa yang dijalaninya saat ini dengan basic pendidikannya jauh berbeda. Menyandang gelar sarjana tekni arsitektur, kini dia justru menjadi seorang pemandu wisata yang tidak hanya memperkenalkan potensi wisata di Malut tapi juga di Indonesia Timur.

"Semua ini tergantung kita, kalau ada niat belajar, pasti bisa, meski bukan keahlianya. Belajar wisata ini bukan keahlian saya, tetapi sejauh ini saya sudah memperkenalkan wisata di Maluku utara, Maluku, hingga papua,” ungkapnya saat ditemui Malut Post (Jawa Pos Group).

Pria yang kini sering kewalahan mengatur waktu untuk melayani para tamunya itu mengaku, profesi yang kini digelutinya itu berawal dari hobi traveling.

“Saat mengunjungi tempat wisata, saya langsung uploud ke Instagram, dari situ banyak yang menggemari dan meminta saya untuk menemani mereka berkunjung di tempat wisata tersebut,"jelas pria kelahiran 1989 itu.

Awalnya, pria yang kini telah memiliki 30 ribu followers di Instagram itu mengaku, masih mengantarkan tamu di sekitar wilayah Malut.

Tidak sampai disitu, dia pun terus mengembangkan diri dengan belajar dan mengunjungi tempat baru, bahkan di luar Malut.

Muhammad Ilham membuktikan bahwa lulus kuliah tak harus kerja kantoran. Bahwa lapangan kerja bisa diciptakan sendiri. Sebagai pemandu wisata (tour

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News