Satgas Covid-19 Ajak Masyarakat Proaktif Periksa Kesehatan agar Melindungi Keluarga

Satgas Covid-19 Ajak Masyarakat Proaktif Periksa Kesehatan agar Melindungi Keluarga
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Reisa Broto Asmoro. Foto: Humas BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat, terutama mereka yang terlibat dalam mobilisasi massa, agar memeriksakan dirinya ke fasilitas medis terdekat.

Hal itu untuk melindungi keluarga dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat angka kesembuhan terus meningkat menjadi lebih dari 84 persen per Minggu (22/11). Peningkatan ini lebih dari besar satu pekan sebelumnya sebesar 83,92 persen.

Saat ini juga sudah lebih dari 3,5 juta orang di Indonesia yang dilakukan tes PCR menggunakan swab test . Di mana positivity rate sekitar 14 persen.

“Artinya, lebih banyak yang negatif (Covid-19) dibandingkan yang terkonfirmasi positif," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro, Senin (23/11).

Dalam penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan penguatan tracing atau pelacakan kasus dengan target rasio 1:30. Yakni, jika ada 1 orang pasien yang terkonfirmasi positif, maka 30 orang kontaknya yang akan ditelusuri.

Pelacakan dilakukan secara agresif, mulai dari tingkat kecamatan, terutama di daerah dengan populasi besar atau terjadi kerumunan dengan jumlah massa yang besar.

Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19 telah menurunkan lebih dari 5 ribu pelacak kontak pada 10 provinsi prioritas. Provinsi tersebut ialah Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua. Hasil pelacakan pada 10 provinsi prioritas hingga Minggu kemarin, pemerintah sudah mengidentifikasi lebih dari 1 600 klaster.

Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat, terutama mereka yang terlibat dalam mobilisasi massa, agar memeriksakan dirinya ke fasilitas medis terdekat. Jangan sampai keluarga terdekat tertular Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News