Satgas Covid-19 Akan Buka Tower 4 dan 5 untuk Flat Isolasi Mandiri

Satgas Covid-19 Akan Buka Tower 4 dan 5 untuk Flat Isolasi Mandiri
Kepala BNPB Doni Monardo di RS Darurat Wisma Atlet. Foto: dok BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo berencana memanfaatkan Tower 4 dan 5 Wisma Atlet sebagai flat isolasi mandiri bagi warga yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 dan tak memiliki tempat tinggal yang memenuhi syarat protokol kesehatan.

Dua flat itu, akan mulai dihuni pada Selasa (8/9) pekan depan.

“Pemerintah akan menyiapkan flat isolasi mandiri bagi warga yang positif Covid-19 tapi tak memiliki tempat. Rencana kami akan menggunakan Tower 4 dan Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai Flat Isolasi Mandiri. Kami harapkan fasilitas air dan listrik sudah siap sehingga Tower 4 sudah dapat digunakan dan segera menyusul Tower 5,” jelas Doni dalam rilis pers yang diterima jpnn.com, Sabtu (5/9).

Dalam sepekan terakhir, penambahan warga yang terpapar virus corona jenis baru ini terus meningkat.

Data terbaru per hari Jumat (4/9) pukul 12.00 WIB tercatat ada penambahan 3.269 orang sehingga total warga yang positif terinfeksi wabah coronavirus menjadi 187.537 orang.

Pada kesempatan yang sama, Doni Monardo yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan keprihatinan atas gugurnya 100 dokter selama wabah coronavirus ini.

Doni kembali mengingatkan bahwa seharusnya dokter dan tenaga medis menjadi benteng terakhir dalam melawan COVID-19. Dalam hal ini, masyarakat diharapkan dapat menjadi garda terdepan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

“Saya turut berduka cita atas meninggalnya dokter-dokter selama pandemic Covid-19. Dokter-dokter mestinya menjadi benteng terakhir. Yang berada di garis terdepan adalah kita semua, bukan para dokter atau tenaga kerja. Kalau kita sayang dengan dokter-dokter yang merupakan aset bangsa kita harusnya patuh pada protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah coronavirus,” ungkap Doni.

Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19, Doni Manardo mengungkapkan rencana membuka tower 4 dan 5 yang digunakan untuk flat Isolasi Mandiri warga positif covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News