Satgas Covid-19 Beberkan Alasan Testing Belum Mencapai Target

Kamis, 22 Juli 2021 – 21:15 WIB
Satgas Covid-19 Beberkan Alasan Testing Belum Mencapai Target - JPNN.com
Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito. Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Lia Agustina

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlah penambahan kasus positif dan kemunculan varian Delta di Indonesia memberikan tantangan dalam upaya pengendalian Corona.

Salah satunya ialah menghambat realisasi target testing 324.283 orang per hari selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Karakteristik varian Delta yang mudah menular memberikan tekanan cukup besar pada fasilitas penyedia layanan kesehatan, laboratorium, serta berbagai unsur lainnya sehingga menimbulkan potensi keterlambatan pencatatan," kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis (22/7).

Perlu diketahui, kasus varian Delta yang ditemukan di pulau Jawa dan Bali hingga saat ini telah mencapai 661 kasus.

Dia juga menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan testing, tracing, dan treatment untuk merealisasikan target yang sudah ditetapkan.

Wiku menegaskan saat ini pemerintah fokus untuk menargetkan testing terhadap suspek dan kontak erat orang yang terkonfirmasi terpapar Covid-19.

"Hal ini bertujuan untuk menurunkan angka positivity rate nasional yang sampai minggu ketiga Juli mencapai 28,27 persen," ujar Wiku.

Dia meminta masyarakat untuk melihat data testing secara mingguan sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena jika dilihat secara harian, data testing akan terlihat sangat dinamis.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...