Satgas Covid-19 Beri Peringatan Dini Buat Pemda soal Penyebaran Virus di Musim Hujan

Satgas Covid-19 Beri Peringatan Dini Buat Pemda soal Penyebaran Virus di Musim Hujan
Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Covid-19 meminta pemerintah daerah agar mengantisipasi penyebaran virus corona di musim penghujan.

Apalagi sudah ada prediksi dari BMKG musim penghujan akan berlangsung selama enam bulan ke depan.  

"Musim penghujan ini terjadi karena La Nina yang berdampak pada curah hujan dengan intensitas cukup tinggi yaitu 40 persen lebih besar dan berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (6/10).

Pemerintah daerah, lanjut Wiku, perlu mengantisipasi dampak banjir kepada warganya yang berada di lokasi pengungsian, khususnya terkait dengan sulitnya menjalankan protokol kesehatan.

Banyaknya pengungsi di lokasi pengungsian berpotensi besar berkembang menjadi klaster baru.

Karena itu, kata Wiku, harus ada antisipasi sejak dini terkait penanganan Covid-19.

"Tidak ada lagi langkah yang paling tepat selain kedisiplinan pengungsi itu sendiri untuk mematuhi protokol kesehatan dengan 3M. Selain itu, kebersihan lokasi pengungsian juga harus tetap dijaga sehingga bisa melindungi para pengungsi dari penyakit lainnya," ujarnya.

Wiku mengajak pemerintah daerah lebih proaktif untuk memetakan dan merencanakan dengan baik terkait penyediaan kelayakan fasilitas pengungsian sebagai langkah antisipatif. Langkah promotif dan preventif dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang diwujudkan dengan protokol kesehatan merupakan hal utama yang harus dilakukan setiap orang.

Satgas Covid-19 mengingatkan adanya prediksi musim penghujan akan berlangsung selama enam bulan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News