Satgas Covid-19: Lonjakan Tertinggi Kasus Corona Terjadi di Pulau Sumatera

Satgas Covid-19: Lonjakan Tertinggi Kasus Corona Terjadi di Pulau Sumatera
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan Pulau Sumatera menjadi salah satu wilayah yang mengalami peningkatan kasus corona tertinggi di Indonesia pascalibur Lebaran 2021.

"Kami melihat data kondisi kemarin, tetapi yang paling penting dari data itu Sumatera mengalami lonjakan kasus,” kata Sonny dalam diskusi daring bertajul “Varian Baru Covid-19”, Sabtu (22/5).

Dia lantas menyebut provinsi di Pulau Sumatera yang mengalami lonjakan tinggi kasus Covid-19 tersebut seperti di Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung. “Kami lihat juga di Aceh, Sumatera Barat,” tegasnya.

Sonny menyatakan pihaknya memberi perhatian khusus terhadap perkembangan kasus Covid-19 di Pulau Sumatera.

"Sekarang kontribusi Sumatera terhadap kasus Covid-19 di Indonesia meningkat secara drastis," imbuhnya.

Sonny juga menyampaikan kekhawatiran Satgas Covid-19 mengenai lonjakan kasus tersebut.

Arus balik bisa menjadi momentun penyebaran virus Covid-19 di kota-kota besar.

"Ini yang kami khawatirkan teori pingpong, dari Jawa ke Sumatera, Sumatera ke Jawa dan seterusnya. Makanya, kami melakukan berbagai upaya mitigasi (meskipun) ada potensi kenaikan tetapi kami menahan laju kenaikan itu sebisa mungkin," tuturnya. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan lonjakan tertinggi kasus corona di Indonesia terjadi di Pulau Sumatera pascalibur Lebaran 2021. Satgas Covid-19 memberi perhatian khusus terhadap Pulau Sumatera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News