Satgas Covid-19: Pintu Kedatangan Internasional Dibuka Bertahap

Satgas Covid-19: Pintu Kedatangan Internasional Dibuka Bertahap
Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA -  Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pintu kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional bakal dibuka bertahap sebagai langkah memulihkan ekonomi nasional.

“Pembukaan kembali pintu kedatangan internasional akan dilakukan secara bertahap,” kata Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Selasa (12/10).

Pria bergelar profesor itu menuturkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan perincian aturan untuk membuka pintu kedatangan internasional secara bertahap.

Pada prinsipnya, ujar Wiku, pelaku perjalanan yang tidak memenuhi aturan perjalanan internasional tetap ditolak masuk Indonesia.

“Diminta pulang ke negara,” tegas Wiku. 

Alumnus Universitas Indonesia (UI) itu berharap pemegang wewenang tidak bermain-main memasukkan orang asing ke Indonesia apabila pembukaan bertahap sudah diberlakukan.

Menurutnya, pemulihan ekonomi memang penting, tetapi tetap mengedepankan aspek keselamatan dan kesehatan rakyat.

“Penting diingat bahwa meskipun saat ini kita tengah berupaya melakukan pemulihan ekonomi, keamanan dan kesehatan masyarakat Indonesia harus tetap menjadi prioritas," beber Wiku. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Satgas Covid-19 menyatakan pintu kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional bakal dibuka bertahap sebagai langkah memulihkan ekonomi nasional.


Redaktur : Boy
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News