Satgas Covid-19 Tegaskan PTM Disetop 3 Hari Apabila Ada Siswa Terinfeksi

Satgas Covid-19 Tegaskan PTM Disetop 3 Hari Apabila Ada Siswa Terinfeksi
Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan bahwa pemerintah akan menghentikan pembelajaran tatap muka di sekolah selama tiga hari, apabila di dalam pelaksanaannya ditemukan siswa terinfeksi virus corona.

"Jika nanti ditemukan ada siswa yang terinfeksi Covid-19, kegiatan PTM di sekolah tersebut akan dihentikan selama tiga hari," kata Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang dipantau dari kanal BNPB di YouTube, di Jakarta, Selasa (31/8).

Menurutnya, PTM terbatas sudah diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia yang sudah berada di level 1 sampai dengan 3 seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Secara umum penyelenggaraan PTM terbatas sudah berjalan dengan baik dan ditemukan beberapa catatan terkait protokol kesehatan yang nantinya terus diperbaiki, baik meliputi random testing, rekapitulasi laporan kasus COVID-19 maupun cakupan vaksinasi di satuan pendidikan," paparnya.

Menurut Wiku, bagi daerah yang telah berhasil menurunkan level pandemi, dipersilakan menyesuaikan pengaturan pembatasan kegiatan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Agar PTM terbatas ini dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan sinergi yang kuat antara pemerintah, pihak sekolah dan orang tua murid, sehingga aktivitas siswa di sekolah dapat terpantau dengan baik dan dapat mencegah potensi penularan Covid-19," katanya

Lebih lanjut Wiku mengatakan hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memiliki kesadaran dan kemauan untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 nasional.

Menurutnya, vaksinasi bagi peserta didik maupun tenaga pendidik, merupakan upaya pemerintah memastikan perlindungan yang optimal dalam menjalankan kegiatan PTM.

Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan apabila nanti ditemukan ada siswa yang terinfeksi Covid-19, kegiatan PTM di sekolah tersebut akan dihentikan selama tiga hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News