Satgas Covid-19 Wujudkan 9 Aksi Strategis dalam Merespons Pandemi

Satgas Covid-19 Wujudkan 9 Aksi Strategis dalam Merespons Pandemi
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito. Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menilai gotong royong merupakan kunci bagi masyarakat menghadapi pandemi ini.

Dan langkah ini membutuhkan kolaborasi yang erat antara pemerintah, media, swasta, akademisi dan masyarakat. Pemerintah pun sejauh ini sudah mewujudkan kolaborasi ini dalam Aksi Strategis Indonesia dalam respons pandemi Covid-19.

"Terdapat 9 aksi strategis yang terus dilakukan pemerintah selama pandemi Covid-19 berlangsung," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (10/11).

Wiku menyebutkan, pertama, koordinasi, perencanaan dan pemantauan. Kedua, komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat. Ketiga, surveilans tim gerak cepat dan investigasi kasus Covid-19. Keempat, pengaturan mobilitas pintu masuk transportasi internasional dan Pembahasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kelima, pengembangan laboratorium nasional. Keenam, pencegahan dan pengendalian infeksi. Ketujuh, menyusun dan melaksanakan tata laksana kasus Covid-19.

Kedelapan, memberikan dukungan operasional dan logistik ke seluruh daerah. Kesembilan, mempertahankan sistem pelayanan kesehatan yang esensial.

Dalam pelaksanaan upaya aksi strategis tersebut, kata Wiku, partisipasi kementerian atau lembaga terus diikutsertakan. Indonesia sebelum terjadinya pandemi Covid-19, sudah mempersiapkan kerangka koordinasi dalam mitigasi penyakit infeksi baru, di mana Covid-19 termasuk dalam kategori tersebut.

Hal ini telah tertuang dalam Inpres (Instruksi Presiden) No. 4 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan Dalam Mencegah, Mendeteksi, Merespon Wabah Penyakit Pandemi Global dan Kedaruratan Nuklir, Biologi dan Kimia.

Pemerintah sejauh ini sudah mewujudkan kolaborasi ini dalam Aksi Strategis Indonesia dalam respons pandemi Covid-19. Indonesia pun diundang oleh WHO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News