Satgas SBJ Layani 801 Pasien Di Tanjung Satai

Satgas SBJ Layani 801 Pasien Di Tanjung Satai
Personel Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut melaksanakan bakti sosial di Desa Tanjung Satai, Kecamatan Pulau Maya, Kayong Utara, Kalimantan Barat, Selasa (4/10). FOTO: Dispenal

jpnn.com - JAKARTA - Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut melaksanakan bakti sosial di Desa Tanjung Satai, Kecamatan Pulau Maya, Kayong Utara, Kalimantan Barat, Selasa (4/10). Satgas SBY menggunakan KRI Makassar-590.

Kegiatan SBJ tahun ini dalam rangka Sail Selat Karimata 2016 yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Robertus Tjahyo Waskito.

Robertus sehari-hari menjabat Komandan Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Barat (Dan Satbanarmabar). Sebelumnya bakti sosial juga telah dilaksanakan di Pulau Karimata, Pulau Pelapis, dan Dusun Besar.

Kegiatan Satgas SBJ di Tanjung Satai, Pulau Maya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat meliputi kesehatan umum, kesehatan mata, kesehatan gigi, penyakit dalam, serta bedah mayor dan minor.

Kegiatan bakti sosial kesehatan melibatkan tim medis sebanyak 115 personel. Tim medis terdiri dari dokter-dokter umum, spesialis serta paramedis yang berasal dari Satuan-satuan TNI AL seperti Mabesal, Kormar, Koarmabar, Lantamal III, RSAL Mintoharjo, serta bantuan dari medis (dokter-dokter) Universitas Diponegoro dan Universitas Indonesia.

Pelayanan kesehatan dilaksanakan selama dua hari (4 dan 5 Oktober) di darat dan di laut. Untuk di darat pelaksanakan pelayanan kesehatan dipusatkan di Puskesmas Tanjung Satai terutama untuk pengobatan kesehatan umum dan ringan.

Sedangkan pasien yang memerlukan penanganan operasi dilaksanakan di KRI Makassar-590 yang lego di perairan Pulau Maya mengingat kapal tidak bisa sandar di dermaga.

Jumlah masyarakat Tanjung Satai yang memanfaatkan pelayanan kesehatan pada hari pertama sebanyak 801 orang, terdiri dari pelayanan kesehatan umum sebanyak 272, gigi 34, mata 328, Kesehatan ibu dan anak (kebidanan) 31, bedah 13, THT 31, penyakit dalam 20, penyakit kulit 16, dan khitan sebanyak 38 orang.

JAKARTA - Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut melaksanakan bakti sosial di Desa Tanjung Satai, Kecamatan Pulau Maya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News