Satpol PP Kediri Tolak Senpi

Satpol PP Kediri Tolak Senpi
Satpol PP Kediri Tolak Senpi
KEDIRI- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri menolak dipersenjatai senjata api (senpi). Menurut Kepala Satpol PP M. Ivantoro, satpol PP masih belum membutuhkan senpi untuk menjalankan tugasnya. "Untuk kondisi Kota Kediri sekarang ini saya rasa satpol PP belum saatnya menggunakan senpi," ujarnya .

Untuk diketahui, saat ini terjadi pro dan kontra terkait rencana satpol PP akan dipersenjatai senjata api. Meski, untuk pemberian izin penggunaan senpi harus mendapatkan persetujuan dari kepolisian, tetapi masih banyak yang menentang. Alasannya, satpol bukanlah polisi. Sehingga, mereka tidak perlu menggunakan senpi untuk menertibkan masyarakat.

Ivan mengatakan dalam menjalankan tugas, satpol PP tidak pernah mengedepankan tindakan represif. Karena untuk melakukan penertiban, satpol PP lebih mengedepankan sikap persuasive. "Kami selalu mengajak bicara dan mencarikan solusi dulu," ujarnya. Dengan bersikap persuasive, kata Ivan, masyarakat Kota Kediri bisa dikendalikan. Sehingga, penggunaan peralatan seperti pentungan yang saat ini menjadi senjata satpol PP nyaris tidak pernah digunakan.

Lalu bagaimana jika dalam penertiban senjata satpol PP seperti pentungan dianggap masih kurang? Mantan humas DPRD Kota Kediri ini mengatakan kalau selama ini, dalam setiap operasi atau razia, satpol PP tidak pernah bertindak sendiri. Satpol selalu melakukan koordinasi dengan Polresta dan TNI. Tujuannya, jika dalam razia atau operasi tersebut satpol kesulitan maka petugas kepolisian atau TNI bisa mengatasinya.

KEDIRI- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri menolak dipersenjatai senjata api (senpi). Menurut Kepala Satpol PP M. Ivantoro, satpol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News