Satu Lagi Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Satu Lagi Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
FOTO: India Times

jpnn.com - Kopi biasanya diandalkan untuk mengurangi rasa ngantuk sesaat akan memulai aktifitas atau setelah selesai beraktifitas dan masih ingin tetap terjaga. Tapi ingat, kopi mengandung kafein, sehingga tidak baik untuk ibu hamil.

Disamping memanfaatkan minum kopi untuk memenuhi kebutuhan seperti diatas, kopi ternyata telah bergabung dengan jajaran makanan yang bermanfaat bagi kesehatan lainnya.

Kebijaksanaan konvensional mengatakan bahwa orang sehat harus minum sekitar delapan gelas air sehari. Tapi ternyata kopi juga memiliki manfaat yang sama ketika kita mengonsumsi air loh.

Salah satu profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health, Eric Rimm menjelaskan perbedaan antara kopi tanpa kafein dan mengapa kopi adalah pilihan yang sangat baik minuman.

“Tidak ada jumlah yang ditetapkan berapa banyak seseorang harus mengonsumsi air setiap hari karena makanan yang Anda makan juga mengandung banyak air dan tubuh membutuhkan hidrasi yang berbeda tergantung pada seberapa panas iklim, berapa banyak orang keringat dan massa tubuh mereka,” kata Profesor Rimm, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (28/10).

“Air tidak selalu lebih baik daripada minuman lainnya, kecuali minuman yang tinggi gula seperti minuman olahraga," katanya.

Kopi lebih sehat dibandingkan soda untuk hampir semua alasan kesehatan dan kemampuannya untuk meningkatkan memori hingga 24 jam dikonsumsi.

“Kopi benar-benar bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai pengganti air, terutama ketika Anda tidak mencampur gula kedalamnya karena itu berrati kopi tersebut hampir tanpa kalori," kata Prof Rimm.

Kopi biasanya diandalkan untuk mengurangi rasa ngantuk sesaat akan memulai aktifitas atau setelah selesai beraktifitas dan masih ingin tetap terjaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News