Satu Lagi Politisi Australia Mundur Karena Kewarganegaraan Ganda

Satu Lagi Politisi Australia Mundur Karena Kewarganegaraan Ganda
Satu Lagi Politisi Australia Mundur Karena Kewarganegaraan Ganda

Senator Australia Jacqui Lambie dari dapil Tasmania tak kuasa menahan rasa sedihnya saat mengkonfirmasi bahwa dia akan mengundurkan diri dari parlemen karena kewarganegaraan Inggris yang dimilikinya. Dalam sebuah wawancara radio dia menyatakan "hancur" karena selama ini merasa sebagai warga negara Australia semata.

Ayahnya lahir di Skotlandia, yang berarti dia berhak atas kewarganegaraan Inggris melalui garis keturunan.

Senator Lambie sebelumnya telah mengatakan bahwa dia merasa tenang karena orangtuanya adalah warga negara Australia.

"Saya akan mengundurkan diri dari Senat, sudah jelas bahwa karena ayah saya, maka saya pun orang Skotlandia," katanya radio Grant Broadcasters pagi ini.

Senator Lambie mengaku menyadari bahwa dia mungkin bermasalah saat memeriksa kembali sejarah ayahnya setelah pengunduran diri Senator Stephen Parry dari Senat.

"Saya tidak melihatnya dalam kasus saya. Ayah saya bilang 'Kamu itu orang Australia sama seperti yang lainnya'," katanya.

"Ketika Stephen Parry membuka (sejarah orangtuanya) dan menyebutkan (kedatangan) kapal dan tanggal, saya tentu saja memeriksa otobiografi saya. Saya periksa kembali hal yang terkait ayahku dan saya langsung berpikir 'oh Tuhan'," tuturnya.

Lambie dalam wawancara itu mengakui sangat kecewa. Kepada host program radio Brian Carlton dia mengaku terpukul saat menyadari dirinya bermasalah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News