Satu Tahanan Diisolasi di Rutan Dumai, Ternyata Ini Penyebab

Satu Tahanan Diisolasi di Rutan Dumai, Ternyata Ini Penyebab
Ilustrasi penjara. Foto: JPNN

jpnn.com, DUMAI - Seorang warga binaan Rutan Dumai, Doni, 35, harus diisolasi. Pria yang tersangkut kasus pencurian ini menderita penyakit menular jenis kusta.

Hal itu membuat petugas rutan terpaksa memisahkan warga Bumi Ayu dengan warga binaan lainnya. Hal itu diakui, Kepala Penjagaan Rutan Dumai, Aldino, Kamis (9/11) kemarin.

"Tahanan ini sudah P21, dia (Doni,red) masih melakukan perobatan berjalan, kita berkoordinasi dengan RS Bhayangkara untuk pengobatan berkordinasi untuk biaya berobat dia ditanggung Dinas kesehatan," tuturnya.

Rencananya pengobatan dilakukan selama 1 tahun, saat ini pihaknya juga sudah menyampaikan surat penanguhan penahaan karena penyakit itu menular.

"Memang saat dilimpahkan sudah ada riwayat penyakit kusta, untuk mencegah terjadinya penularan, maka yang bersangkutan sekarang dia berada di ruangan isolasi," tuturnya.

Ketika Riau Pos meminta izin mengambil foto, Aldino meminta agar tidak di foto, karena warga binaan sudah cukup drop dan malu atas penyakit yang dialaminya.

"Kita berikan motivasi kepada dia, hal ini dilakukan agar dia tidak merasa kecil hati dan putus asa," tuturnya.

Namun pihakny berharap Doni bisa dapat penanguhan penahaan, agar penyakit bisa di sembuhkan secara total. "Masalahnya ini penyakit menular, jika tidak di tangani dengan baik, berpotensi menular ke warga binaan lainnya," sebutnya.

Seorang warga binaan Rutan Dumai, Doni, 35, harus diisolasi. Pria yang tersangkut kasus pencurian ini menderita penyakit menular jenis kusta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News