Satya Cipta Ungkap Pengalaman Spiritual Melalui Pameran Pengembaraan Jiwa

Satya Cipta Ungkap Pengalaman Spiritual Melalui Pameran Pengembaraan Jiwa
Satya Cipta dalam pembukaan pameran lukisan Pengembaraan Jiwa di Galeri ART, Jakarta. Foto: Dok. Pribadi Satya Cipta.

jpnn.com, JAKARTA - Pelukis sekaligus pemain teater, Satya Cipta sukses menggelar pameran lukisan bertajuk Pengembaraan Jiwa.

Pembukaan pameran tersebut digelar Galeri ART, Jakarta pada 1 pada 11 Desember 2021.

"Sebagai pelukis, saya terdorong untuk mengekspresikan pengalaman spiritual ke dalam lukisan-lukisan saya," kata Satya Cipta.

Menurutnya, lukisan yang ditampilkan dalam pameran Pengembaraan Jiwa merupakan karya yang dibuat pada 2013 hingga 2019 di Bali.

Satya Cipta menyebut karya-karya tersebut banyak menggambarkan pertemuannya dengan figur-figur spiritual dari dimensi yang lain.

"Dua tahun yang lalu, saya memulai perjalanan untuk menemukan kembali hubungan spiritual antara berbagai wilayah sakral di seluruh nusantara," jelasnya.

Dalam perjalanan spiritualnya, Satya Cipta mengunjungi sejumlah reruntuhan peradaban kuno nusantara di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sumatra dan Jawa.

Antara lain, Candi Gunung Padang dan Candi Jiwa di Jawa Barat, Istana Kutai Kuno di Tenggarong, Makam Putri Cilubintang di Maluku, Gunung Sesean di Toraja Utara, Guwa Mampu di Bone, dan sebagainya.

Pelukis sekaligus pemain teater, Satya Cipta sukses menggelar pameran lukisan bertajuk Pengembaraan Jiwa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News