JPNN.com

Saudia Layani Surabaya - Jeddah 4 Kali Sepekan

Selasa, 30 Oktober 2018 – 16:27 WIB Saudia Layani Surabaya - Jeddah 4 Kali Sepekan - JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines (Saudia) membuka rute baru penerbangan Surabaya-Jeddah mulai kemarin (29/10). Ada empat kali jadwal penerbangan langsung untuk umum dalam sepekan.

Sebelumnya, Saudia memiliki jadwal penerbangan Surabaya-Jeddah dua kali dalam sepekan. Namun, bukan untuk umum, melainkan khusus umrah. Untuk urusan lain, penumpang harus transit di Jakarta, kemudian terbang ke Jeddah.

Penerbangan Surabaya-Jeddah menggunakan pesawat Boeing 747-400 yang berkapasitas 450 kursi. Kemarin pesawat tersebut untuk kali pertama diterbangkan dari Bandara Internasional Juanda dengan mengangkut penumpang yang hendak umrah. ''Selama Oktober ini kami sudah mengangkut hampir 700 ribu penumpang. Angka tersebut tentu akan bertambah,'' ujar AVP International Sale Saudia Nawaf Al-Jakthami.

Nawaf menjelaskan, pembukaan rute ke Surabaya sendiri tidak berlangsung begitu saja. Pihak Saudia telah menyurvei tingkat kepadatan penduduk di kota tersebut dan minat masyarakat untuk pergi ke Arab Saudi. Hasilnya, sebagai kota terbesar kedua, Surabaya memiliki jumlah penumpang yang bisa diperhitungkan. ''Banyak warga yang hendak berziarah ke Arab Saudi. Begitu juga warga Arab yang ingin berlibur ke Indonesia,'' tuturnya.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menyambut positif keputusan Saudia yang menambah jadwal rute penerbangan. Terlebih, banyak warga Surabaya yang memilih berlibur ke Arab Saudi. Tahun lalu saja ada 20 persen masyarakat Jatim yang terhitung terbang ke Arab Saudi tidak untuk umrah. ''Selama ini animonya memang banyak. Tapi, fasilitasnya belum mumpuni,'' tutur Gus Ipul, sapaannya. (bin/c15/ady) 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...