Saut Pengin Pimpinan KPK 2019-2023 Bisa Mencakar Semua orang

Saut Pengin Pimpinan KPK 2019-2023 Bisa Mencakar Semua orang
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menginginkan lima pimpinan lembaga antirasuah periode 2019-2023 bersih dan berintegritas.

Dengan begitu, menurut Saut, lima pimpinan KPK di masa yang akan datang bisa melakukan pemberantasan korupsi secara maksimal.

"Kalau bicara rekam jejak, kan ada keterbatasan. Makanya mari berikan masukan semuanya, mulai dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, sekolah di mana pun. Karena integritas itu tak boleh berubah, teruji tidaknya kan dari variabel-variabel dari masyarakat," kata Saut di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (28/8).

Saut menilai setiap orang punya hal-hal yang disembunyikan. Karena itu, setiap orang yang pernah hadir di belakangnya, pasti mengetahui hal yang tersembunyi itu.

"Kalau bisa ketemu hal tersembunyi, bisa ketemu kucing yang benar-benar bersih, bisa nyakarin semua. Kalau bisa ketemu itu kan dari potongan-potongan background," kata Saut.

BACA JUGA: Jaksa Capim KPK Pernah Dipanggil Prasetyo Gegara Jerat Politikus Nasdem

Dia menyadari pola pemikiran seperti itu banyak ditentang oleh sejumlah pihak. Namun, Saut mengatakan, dalam upaya pemberantasan korupsi, faktor integritas seseorang menjadi hal yang terpenting.

"Kadang orang bilang apaan sih hubungannya, yang penting ke depan. Ke depan kan soal internal. Kalau integritas itu kan given dari setiap orang," jelas Saut. (tan/jpnn)


Saut berharap lima pimpinan KPK berikutnya bisa melakukan pemberantasan korupsi secara maksimal.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News