Sawo Organik Rasa Manis Legit Asal Blora Ini Dilirik Negeri Paman Sam

Sawo Organik Rasa Manis Legit Asal Blora Ini Dilirik Negeri Paman Sam
Sawo organik asal Kabupaten Blora dilirik negeri Paman Sama atau Amerika Serikat. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BLORA - Desa Bangoan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora dikenal sebagai sentra penghasil sawo. Terdapat ribuan pohon sawo yang ditanam warga di pekarangan dan kebun belakang rumah, terutama warga Dukuh Watugunung.

“Khusus di Dukuh Watugunung terdapat 800 pohon yang sudah berbuah, sedangkan pohon muda dan bibit cangkoknya ada ratusan. Jika ditotal ya seribu lebih. Kebetulan saat ini sedang musim buahnya,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, Reni.

Menurut Reni, warga Dukuh Watugunung sudah lama membudidayakan tanaman buah sawo lokal yang rasa dan kualitasnya tidak kalah dengan sawo unggulan di daerah lain.

“Sejak puluhan tahun lalu tanaman buah sawo tumbuh baik di sini, namun mulai dikenal masyarakat luas pada awal 2000-an. Saat itu para tengkulak dari Sulang Rembang mulai berdatangan untuk membeli sawo,” jelasnya.

BACA JUGA: Kementan Tingkatkan Layanan Rekomendasi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan

Berdasarkan data BPS 2018, populasi tanaman sawo yang sudah menghasilkan ada sebanyak 3.205 pohon, menyebar di Kecamatan Jiken dan Todanan. Hingga kini setiap musim panen, para petani tidak susah untuk menjual buah karena sudah banyak para tengkulak yang datang sendiri. “Mereka datang dan mengambil sawo sendiri di pohon dengan sistem tebas,” ujarnya.

Ternyata, beberapa tahun lalu buah ini pernah memperoleh juara di gelaran Pameran Produk Pertanian Soropadan Agro Expo (SAE) tingkat Jawa Tengah. Selain itu, para petani juga pernah memperoleh penghargaan Pelestari Sumber Daya Genetik tingkat Jawa Tengah dari Gubernur Ganjar Pranowo pada 2015 dan berhasil meraih sertifikat organic dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman yang berlaku hingga 2018.

Untuk mempertahankan kualitas buah agar tetap sama dengan induknya, para petani buah sawo di Dukuh Watugunung Desa Bangoan juga melakukan pembibitan dengan cara mencangkok.

Sawo organik rasa manis legit asal Blora ini dilirik oleh Amerika Serikat. Salah satu pelaku usaha telah menjalin kerja sama dengan Pemda Kabupaten Blora untuk mengidentifikasi tanaman sawo organik siap ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News