SBSI Ungkap Penemuan Soal Pekerja Ilegal Asal Tiongkok

SBSI Ungkap Penemuan Soal Pekerja Ilegal Asal Tiongkok
Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketum DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Muchtar Pakpahan sempat mengungkap pengalamannya menemukan ratusan buruh migran gelap bekerja secara ilegal di sebuah perusahaan.

Hal itu disampaikan Muchtar saat berbicara dalam diskusi bertajuk "May Day, TKA dan Investasi" di Cikini, Jakarta Pusat pada Sabtu (28/4).

Menurut dia, kondisi itu sudah dilaporkan ke Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

“Kami pernah pergi ke Ditjen Imigrasi menyatakan di perusahaan ini kami duga banyak buruh migran gelap. Karena catatannya di situ ada 10 orang China (Tiongkok, red), tapi ketika kami lihat di situ lebih dari 500 orang,” ungkap Muchtar.

Saat itu disepakati bahwa petugas imigrasi akan turun ke lapangan. Singkat cerita, pengawas tersebut memang datang ke lokasi perusahaan yang tidak disebutkan namanya.

“Betul datang, tapi duduk dulu satu jam di depan. Setelah itu si petugas Imigrasi pergi ke belakang, baru setelah itu dia bilang ke pers, ternyata tidak ada imigran gelap. Saya marah dan kecewa kepada dirjen imigrasi," tambahnya.(fat/jpnn)


Muchtar Pakpahan sempat mengungkap pengalamannya menemukan ratusan buruh migran gelap bekerja secara ilegal di sebuah perusahaan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News